Sebagai bagian dari upaya untuk menularkan pengalaman dan keahlian di dunia kerja, Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTA) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta bekerja sama dengan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) menyelenggarakan Workshop Implementasi Mine Planning Untuk Estimasi Cadangan Batubara.

Kegiatan bertajuk PERHAPI Goes to Campus ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian dies natalis HMTA.

Workshop diselenggarakan selama dua hari, mulai dari hari Sabtu (6/4/2019) hingga Minggu (7/4/2019).

Pemateri dari PERHAPI adalah Ir Andre Alis, IPM dan Jimmy Gunarso, ST, sementara pemateri dari internal ITNY adalah Hidayatullah Sidiq, ST, MT.

Menurut Jimmy Gunarso selaku fasilitator dari PERHAPI, kegiatan ini merupakan bentuk transfer pengetahuan khususnya bagi mahasiswa Teknik Pertambangan.

PERHAPI sendiri memiliki program PERHAPI mengajar yang bertujuan untuk menularkan pengetahuan dan pengalaman praktek pertambangan kepada mahasiswa sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

Baca: ITNY Gelar Workshop Penyusunan Buku Ajar untuk Departemen Perencanaan dan Desain

Ditambahkan oleh Andre Alis, ahli-ahli tambang di lapangan perlu untuk kembali ke kampus untuk menjelaskan aktivitas-aktivitas pertambangan yang telah direalisasikan, sehingga mahasiswa tidak hanya mengenal teori, melainkan bagaimana metode dan teori tersebut diterapkan di lapangan.

Prospek pertambangan batubara sendiri saat ini masih menduduki sumber energi terbesar di Indonesia.

Batubara masih menjadi andalan sumber supply energi bagi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) untuk mendukung program Indonesia 5.000 MegaWatt.

Di samping itu, Indonesia juga masih menjadi satu dari beberapa eksportir batubara terbesar di dunia.

Tambang batubara masih menjadi primadona di Indonesia.

Di dalam workshop ini sendiri peserta workshop mendapatkan simulasi proses dari awal hingga akhir dalam melakukan estimasi cadangan batubara.

Baca: Departemen Perencanaan dan Desain ITNY Gelar Pelatihan Penyusunan Buku Ajar

Kegiatan ini terintegrasi dengan kurikulum Teknik Pertambangan ITNY.

“Di dalam kurikulum Teknik Pertambangan ITNY terdapat matakuliah Perencanaan Pertambangan. Melalui workshop ini nantinya mahasiswa sudah memiliki konsep-konsep dasar sebagai penunjang mata kuliah tersebut,” terang Hidayatullah Sidiq.

Kegiatan ini merupakan bentuk upaya ITNY untuk mencetak ahli-ahli pertambangan yang kompeten.

Kebutuhan tenaga ahli di bidang pertambangan sendiri masih sangat besar.

Kegiatan workshop sejenis direncanakan akan berlangsung rutin setiap tahun, sehingga sinergi antara ITNY dengan stakeholder pertambangan dapat terjalin, salah satunya dengan PERHAPI.



Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Teknik Pertambangan ITNY Gelar Workshop Estimasi Cadangan Batubara, http://jogja.tribunnews.com/2019/04/08/teknik-pertambangan-itny-gelar-workshop-estimasi-cadangan-batubara?page=2.
Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti