Sebagai tindak lanjut dari kerjasama yang telah terjalin antara National Dong Hua University (NDHU) Taiwan dengan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta, delegasi NDHU berkesempatan untuk berkunjung ke kampus ITNY pada hari Jumat (26/4). Dalam kesempatan ini delegasi NDHU, Yen-Pei Fu yang juga merupakan Profesor dari Department of Material Science and Engineering berkunjung ke kampus ITNY. Kunjungan ke kampus ITNY ini juga dilakukan dalam rangka penjajakan student exchange antara kampus ITNY dengan NDHU. ITNY sendiri telah memiliki MoU dengan NDHU untuk memfasilitasi civitas akademika di lingkungan ITNY studi lanjut ke NDHU.

Dalam kunjungan kali ini delegasi dari NDHU disambut langsung oleh Rektor ITNY, Dr. Ir. H. Ircham, M.T. Turut menyambut delegasi NDHU, Kepala Lembaga Perencanaan dan Pengembangan Institut (LPPI) ITNY, Subardi, Ph.D. yang juga merupakan salah satu alumni NDHU. Yen-Pei Fu menjelaskan bahwa ini merupakan kunjungan yang kedua yang dilakukan ke Kampus ITNY. Selain untuk menindaklanjuti MoU yang telah disepakati dengan ITNY, kedatangannya kali ini juga dalam rangka untuk menjaring pelajar-pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang ada di Taiwan. Ia juga menjelaskan bahwa pelajar-pelajar Indonesia perlu untuk meningkatkan kemampuannya di bidang sains, khususnya matematika, fisika, dan kimia, sebagai bekal untuk studi lanjut ke Taiwan di samping kemampuan berbahasa Inggris. Mengenai sistem pembelajaran di NDHU sendiri, Yen-Pei Fu menjelaskan bahwa kampus-kampus di Taiwan banyak menawarkan program dalam Bahasa Inggris. Iklim akademik kampus-kampus di Taiwan juga sangat kondusif untuk pengembangan keilmuan. “Kami memiliki laboratorium-laboratorium berkelas internasional di NDHU,” terang Fu.

Tawaran student exchange ini sendiri disambut baik oleh pihak ITNY. Saat ini, terdapat tiga civitas akademika ITNY yang sedang menempuh program doktoral di NDHU. Rektor ITNY menambahkan juga bahwa ketiganya juga mendapatkan beasiswa untuk menyelesaikan studi mereka.

Â