Dalam rangka meningkatkan kerjasama antara Universitas Padjadjaran dan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) pada tanggal 27 sampai 28 Nopember yang baru lalu, Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran telah mengadakan gowes bersama dengan ITNY. Gowes ini menyusuri berbagai objek geologi dan budaya di Kulon Progo melalui track jalan pedesaan dan pesawahan dan berakhir di Candi Borobudur. Ikut serta dalam kegiatan tersebut Rektor ITNY, Dr Ir H. Ircham, MT, Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Dr med Setiawan, dr dan Dekan Fakultas Teknik Geologi Unpad, Dr Ir Vijaya Isnaniawardhani, MT. Pada kesempatan itu telah pula diadakan diskusi melalui Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung di Kampus Lapangan ITNY di desa Degan, Nanggulan, Kulon Progo.

Kerjasama antara Unpad dan ITNY telah berlangsung selama empat tahun dalam bidang pengembangan keahlian para dosen, pertukaran mahasiswa, penelitian bersama dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kulon Progo telah dipilih sebagai objek penelitian mengingat daerah ini memiliki batuan tertua di Pulau Jawa, setara dengan Ciletuh di Jawa Barat dan Lok Ulo di Kebumen, Jawa Tengah. Selain itu pengembangan masyarakat di Kulon Progo cukup unik, seperti antara lain pemanfaatan produk mandiri air minum kemasan berlogo AirKU, toko retail mandiri TOMIRA (Toko Milik Rakyat), pemakaian seragam batik motif geblek produk setempat bagi semua pegawai negeri dan murid sekolah dan kewajiban untuk membeli 10 kilogram beras produk petani setempat. Kegiatan ini dirangkum dalam satu program bernama “bela dan beli” yang ternyata berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal yang unik lagi adalah tidak terdapatnya iklan rokok. Kesehatan masyarakat dijamin dengan asuransi umum (general coverage) yang tidak mengenal kelas rumah sakit, serta dananya disediakan Pemerintah Daerah.

Kerjasama ditandatangani oleh Rektor Unpad Prof Dr med Tri Hanggono Achmad, dr dan Rektor ITNY Dr Ir H Ircham, MT pada tanggal 11 Maret 2016 dan berlangsung selama empat tahun. Dalam program ini telah dapat dihasilkan sebanyak lima orang Doktor dalam bidang Teknik Geologi. Pada  kesempatan malam keakraban menutup kegiatan gowes dan FGD, ke lima Doktor Unpad baru tersebut secara resmi telah diserahkan kembali ke kampus (back to campus) oleh Dekan Fakultas Teknik Geologi kepada Rektor ITNY.

Kegiatan gowes bersama ini telah pula dilengkapi dengan wisata kuliner makanan khas Kulon Progo seperti geplek dan makanan lain seputar Kulon Progo seperti tengkleng dan senerek. Sementara itu bagi penggemar buah durian, Kulon Progo merupakan penghasil durian khas Kulon Progo yang dijajakan penduduk sepanjang jalan antara Nanggulan sampai Borobudur.***