Sebagai salah satu perguruan tinggi yang masuk dalam cluster Madya, Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi (LPPMI) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY)  melakukan kunjungan studi banding ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) ITENAS Bandung dan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPiK) ITB (28-29/1).

Kepala LPPMI ITNY, Dr. Ani Tjitra Handayani, mengatakan bahwa Kunjungan ke LP2M ITENAS Bandung difokuskan pada tata kelola penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta publikasi yang ada di perguruan tinggi.

Pada sambutannya, Kepala LP2M Itenas Bandung, Dr. Tarsisius Kristiyadi, ST., MT.  menyampaikan bahwa salah satu hal penting dalam menunjang kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah adalah adanya dukungan institusi baik dalam bentuk moril maupun materiil.

“salah satu kebijakan institusi adalah dengan memberikan insentif kepada setiap dosen yang berpartisipasi dalam pengusulan proposal hibah eksternal, lolos pendanaan hibah, hingga menerbitkan publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional melalui LPPM Itenas Bandung”, kata Tarsisius.

Setelah adanya kegiatan studi banding ini, harapannya akan terjalin kerjasama di bidang publikasi ilmiah khususnya keterlibatan mitra bestari pada jurnal yang dikelola oleh LPPMI ITNY dan LP2M Itenas Bandung.

Kunjungan ke LpiK ITB dimaksudkan untuk mempelajari pengembangan inovasi dan komersialisasi hasil-hasil riset dan pengabdian yang telah dilakukan oleh ITB. Sigit Purwanto, ST., MT selaku Kabag Umum menyampaikan bahwa untuk mendorong kewirausahaan, LPiK juga memiliki program-program yang bertujuan melahirkan start up oleh civitas akademika ITB.

Tim LPPMI ITNY berharap dapat mengadopsi program dan strategi pengembangan inovasi yang dimulai dari pengembangan kekayaan intelektual (KI) dari kegiatan ini.

“Setelah adanya kegiatan ini diperlukan adanya inisiasi kerjasama dengan pihak industri untuk dapat mengoptimalkan proses hilirisasi produk hasil riset dan pengabdian masyarakat” pungkas Ani.

Penyerahan cinderamata oleh Ka.LPPMI ITNY kepada perwakilan LPiK ITB, Sigit Purwanto, MT.

 

penyerahan cinderamata oleh Ka.LPPMI ITNY kepada LPPM Itenas Bandung (Dr. Tarsisius Kristiyadi)

 

Foto bersama tim LPPMI ITNY dengan tim LP2M Itenas Bandung