Dalam rangka kegiatan pengganti Kuliah Lapangan 2, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (PWK ITNY) menyelenggarakan Webinar bertema “Sustainable Livelihood di Masa Pandemi”. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai hari Kamis hingga Jumat, 18-19 Juni 2020. Pelaksanaan webinar ini dilakukan menggunakan media Zoom Meeting.

Kegiatan Kuliah Lapangan 2 sendiri sebenarnya merupakan bagian dari kurikulum Prodi PWK ITNY. Dalam kondisi normal, mahasiswa akan menjalani dua kali Kuliah Lapangan. Sedianya kegiatan Kuliah Lapangan 2 ini dilaksanakan di Pulau Bali sebagai bagian dari implementasi kerjasama dengan Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar. Namun situasi pandemi ini menyebabkan kegiatan Kuliah Lapangan 2 dialihkan dalam bentuk kegiatan lain.

Webinar ini diisi oleh empat pemateri. Pada hari pertama, peserta mendapatkan pemaparan materi mengenai “Strategi Optimasi dan Keberlanjutan Proses Pembangunan Masyarakat dalam Masa Pandemi Covid-19” dengan pemateri Ketua Desa Wisata Panglipuran, Bali, Drs. I Nengah Moneng dan materi mengenai pengelolaan sektor informal dari Walikota Yogyakarta periode 2001-2011, H. Herry Zudianto. Sementara pada hari kedua materi yang siampaikan adalah terkait adaptasi ruang dan aktivitas budaya di masa pandemi yang dibawakan oleh Ir. I Gusti Putu Anindya Putra, MSP dan Ni G.A. Diah Ambarwati Kardinal, ST, MT dari Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, serta materi terkait keberlanjutan di dalam pengembangan ekonomi lokal yang dibawakan oleh Direktur Yayasan Cindelaras Paritrana, Francis Xavier Wahono, Ph.D.

Menurut Ketua Pelaksana Kuliah Lapangan 2, A.Yunastiawan Eka Pramana, pelaksanaan Kuliah Lapangan 2 melalui webinar ini sebenarnya tidak ideal karena mahasiswa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman langsung di lapangan. Perkembangan situasi terkait pandemi Covid-19 ini membuat Prodi PWK ITNY mengambil keputusan untuk menggelar webinar sebagai pengganti kegiatan Kuliah Lapangan 2. Dengan demikian, peserta dapat tetap memperoleh sharing ilmu dan pengalaman dari ahli di bidangnya masing-masing meskipun tanpa harus turun ke lapangan.

“Yang ditekankan disini adalah upaya Prodi PWK untuk memenuhi Learning Outcome dari kegiatan Kuliah Lapangan sekaligus memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menimba ilmu dan pengalaman dari ahli di bidangnya”, pungkas Ketua Prodi PWK ITNY, Yusliana, S.T., M.Eng.