Prodi Teknik Sipil ITNY melakukan kolaborasi dengan Desa Kalirejo, Kulon Progo pada kegiatan Pengabdian Semester Ganji 2021/2022. Kolaborasi yang dilakukan dibalut dengan kegiatan pengabdian Dosen prodi Teknik Sipil dan Kegiatan KKN tematik mahasiswa Teknik Sipil. Prodi Teknik Sipil membantu mengatasi beberapa masalah yang ada di Desa kalirejo, salah satunya adalah pemetaan SDM Potensi Pertambangan yang dibantu Dosen dan mahasiswa Pertambangan yaitu Risqi Prastowo S.Si.,M.Sc dan pemetaan infrastruktur Desa Kalirejo yang merupakan kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Prodi Teknik Sipil ITNY.
Kolaborasi yang dilakukan untuk memberikan solusi Desa Kalirejo memetakan informasi potensi pertambangan dan infrastrukturnya. Kegiatan pengabdian ini berlangsung selama kurang lebih 4 bulan yang dilaksanakan bersamaan dengan adanya KKN Tematik di Desa Kalirejo, Kulon Progo, DIY. Ketua Pengabdian Kolaborasi, Sely Novita Sari ST.,MT mengatakan “Kolaborasi ini diawali dari kerja sama antara ITNY dan Desa Kalirejo yang memiliki tujuan membangun Desa Kalirejo menjadi lebih baik lagi, dengan memberikan kemudahan informasi kepada masyarakat tentang potensi yang dimiliki Desa Kalirejo”
 
Kegiatan dibedakan menjadi dua macam yaitu kegiatan pertambangannya dan keteniksipilannya. Pengabdian dilakukan dengan melakukan survei, pemodelan, dan pemetaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa Kalirejo. Hasil pemetaan infrastruktur yang diketuai oleh Veronica Diana Anis A ST.,MT selaku dosen Prodi Teknik Sipil juga dibantu oleh Dandi Pramono Payungan, Ilham Mopio dan Fahrul Nurfajri Mokoagow diserahkan kepada                         Desa Kalirejo pada akhir Februari lalu di Desa Kalirejo. Pihak Desa Kalirejo merasakan manfaat yang diberikan pada pengabdian ini dengan bertambahnya data-data potensi Desa Kalirejo yang akan digabungkan menjadi Site Plan Desa Kalirejo. Selain pemetaan potensi pertambangan dan infrastruktur masih berjalan juga pengabdian Prodi Teknik Sipil ITNY dengan merencanakan Embung di Desa Kalirejo.