KULON PROGO- Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menjadi tuan rumah dalam gowes bersama Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) dan Lembaga Layanan Pendidikaan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Yogyakarta. Tujuannya untuk memajukan mutu pendidikan di wilayah setempat. Rektor ITNY, Dr. Ir. Ircham, M.T mengatakan panitia gowes kali ini dari ITNY. Kemudian dua bulan berikutnya dari AKPRIND dilanjutkan UII.

Melalui kegiatan ini juga untuk menjalin keakraban dan kerjasama dalam menggaet mahasiswa baru untuk mengenyam pendidikan di DIY. “Sehingga bisa saling bersinergi tanpa harus bersaing satu sama lain,” katanya saat ditemui, Minggu (20/3/2022).  Kepala LLDikti Wilayah V Yogyakarta, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D melanjutkan gowes ini diikuti oleh 3 kepala lembaga, 15 rektor dan beberapa pejabat.

Terlebih LLDikti wilayah V Yogyakarta membawahi 102 perguruan tinggi swasta.

Sehingga bisa saling tukar menukar informasi terbaru baik akreditasi dan program kuliah yang dikemas melalui kampus merdeka. Program ini mulai disosialisasikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 3 Tahun 2020. Seperti program magang, kampus mengajar, pendanaan, kompetitif dan program lainnya.  “Jadi bisa untuk silaturahmi, olahraga sekaligus membangun jaringan yang dilakukan secara gotong royong untuk memajukan pendidikan di DIY,” tutunya.

Ketua Aptisi V, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D menambahkan acara ini bisa untuk membangun forum komunikasi yang lebih cair antar pihak.  Mulai dari LLDikti, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) dan pemerintah daerah (pemda).  “Saya berharap acara bisa ikut meningkatkan ekonomi lokal,” ucapnya.  Ketua Gowes, Prof. Dr Edy Suandi Hamid.,M.Ec mengatakan rute gowes ditempuh mulai dari halaman kampus ITNY di Kalibawang hingga Kopi Ingkar Janji di Girimulyo. Dengan jarak yang ditempuh kurang lebih 11,6 kilometer.  “Sepanjang acara kami tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat,” kata Edy.

Dalam gowes ini juga mengundang dari Menoreh Bikers yang mayoritas beranggotakan pejabat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo.  Perwakilan dari Menoreh Bikers yang juga staf ahli Bupati Kulon Progo, Bambang Sutrisno mengapresiasi acara ini dengan gowes bareng yang mengambil rute di wilayah paling barat DIY dalam mendukung program Bela Beli Kulon Progo.

Pihaknya berharap ada tindak lanjut kerjasama pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Dengan cara ini bisa mengentaskan kemiskinan,” ucapnya. (scp)