Fakultas Teknologi Mineral (FTM) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (Stikom) El Rahma Bogor, Sabtu (13/8/2022) di Kampus ITNY, Babarsari.
Penandatanganan dilakukan oleh Dekan FTM ITNY, Dr Ir Setyo Pambudi MT dan Ketua Stikom El Rahma, H Wendy Asswancahyadi STP MPdI.
 
Wendy mengatakan, Memorandum of Understanding (MoU) ini dilakukan untuk memenuhi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)
 
“Dari sini, programnya bisa berupa penelitian dan pembelajaran. Seperti hari ini, kita juga dapat kuliah umum terkait bagaimana teknologi dan informatika itu bisa masuk menjadi bagian dari proses pertambangan,” katanya.
 
Dia mengatakan, penandatanganan kerja sama ini sekaligus kuliah umum untuk para mahasiswa Stikom El Rahma. Mereka datang dari Bogor ke Yogyakarta untuk mengikuti kuliah umum dari Ketua Program Studi (Prodi) Teknik Pertambangan ITNY, Bayurrohman Pangacella Putra ST MT.
 
Dalam kesempatan tersebut, Bayu menyampaikan kuliah tentang ‘Peningkatan Peran Strategis Manajemen Informatika pada Teknologi Mineral dalam Upaya Menghadapi Pasar Global’.
 
“Ini meluaskan wawasan kami juga ya. Ternyata, dunia pertambangan itu bisa dimasuki ilmu informatika. Terlihat dari penjelasan Bapak Bayu tadi,” terang Wendy.
Wendy berharap, ITNY bisa menuntun Stikom El Rahma terkait pembelajaran dan penelitian, mengingat Stikom El Rahma masih berusia muda.
 
“Ke depan, kami juga akan evaluasi kerja sama ini. Mana yang bisa dilanjutkan dan ditambah,” tutupnya.
 
Sementara, salah satu mahasiswa Stikom El Rahma , Muhammad Agung mengatakan dirinya sangat senang bisa mengikuti kuliah umum di ITNY. Apalagi ini adalah kali pertama dirinya ke Yogyakarta.
 
“Saya juga jadi tambah ilmu kalau apa yang saya pelajari bisa bermanfaat di lini pekerjaan lain. Semoga bisa terus bekerja sama dengan ITNY,” tukasnya
 
Berita ini juga dapat anda baca di SINI