Kampus ITNY (Institut Teknologi Nasional Yogyakarta) resmi memiliki nahkoda baru. Dia adalah Dr Ir Setyo Pambudi MT. Pria kelahiran Ponorogo 1961 itu resmi menjabat Rektor ITNY menggantikan posisi Dr Ir Ircham yang berakhir tugasnya. Ircham sendiri memimpin kampus yang terletak di Babarsari, Depok, Sleman, Yogyakarta ini selama tiga periode.

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah Setyo Pambudi sebagai rektor ITNY Periode 2022-2026 dilakukan langsung oleh Ketua YPTN Supatno di kampus setempat, Kamis (29/12/2022). Acara pelantikan disaksikan oleh Ircham sebagai rektor yang lama, para pengurus YPTN, dan jajaran civitas akademika ITNY. Kepala LLDikti Wilayah V Yogyakarta, Aris Junaedi juga ikut menyaksikan pelantikan yang berlangsung sederhana tersebut.

Terpilihnya Setyo Pambudi sebagai rektor ITNY melalui proses yang panjang. Dalam seleksi pendaftaran, ada tiga kandidat yang lolos sesi wawancara. Selain Setyo Pambudi, dua kandidat lain yaitu Subardi PhD dan Dr Daru Sugati.

“Terima kasih kepada Bapak Ircham yang telah memimpin ITNY sehingga kampus ITNY ini mengalami kemajuan yang luar biasa. Kita semua dapat merasakan kemajuan ITNY yang sebelumnya STTNAS,” kata Ketua YPTN, Supatno dalam sambutannya.

Supatno berharap, Ircham masih dapat ikut memikirkan kampus yang didirikan oleh eks pejuang Kemerdekaan RI ini. Ia juga berharap, Setyo Pambudi dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi ITNY menjadi lebih baik bukan semakin suram.

“Kita semua harus saling bersinergi dan berkolaborasi. Sebab, ITNY akan maju dan berkembang apabila kita semua bersatu,” tandas Supatno.

Disisi lain, Dr Ir Ircham menyampaikan terima kasih kepada YPTN yang telah memberikan kepercayaan dan amanat kepada dirinya untuk memimpin ITNY selama tiga periode. Ia berharap, rektor terpilih dapat melanjutkan prestasi yang selama ini telah diraih oleh ITNY.

“Saya yakin, ke depan ITNY akan semakin maju dan berkembang dengan adanya kerjasama yang baik oleh seluruh civitas akademika ITNY. Kami minta, sifat kekeluargaan di Kampus ITNY dipertahankan,” tandas Ircham.

Kepala LLDikti Wilayah V Yogyakarta, Aris Junaedi menyampaikan selamat atas terpilihnya Setyo Pambudi sebagai rektor ITNY Periode 2022-2026. Aris mengapresiasi atas capaian prestasi yang selama ini telah diraih oleh ITNY. Buktinya, Kampus ITNY kini telah menyandang akreditas B dari BAN PT. Bahkan, dari sembilan program studi satu diantaranya meraih akreditasi baik sekali.

Selain itu, jumlah mahasiswa juga mengalami peningkatan yang luar biasa di tengah persaingan perguruan tinggi. Saat ini, tercatat ada sebanyak 1.142 mahasiswa aktif. Dari jumlah tersebut, pada tahun 2022 ada sebanyak 25 mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa KIP dari pemerintah.

“Semoga, kedepan dengan rektor yang baru kampus ITNY akan semakin mendapatkan banyak prestasi,” pinta Aris.

Sementara itu, Rektor ITNY terpilih, Dr Ir Setyo Pambudi MT mengajak seluruh jajarak civitas akademika ITNY bersama-sama mempertahankan prestasi yang telah diraih oleh Kampus ITNY selama dipimpin oleh Ircham. Juga meningkatkan prestasi sekaligus menjaga suasana lingkungan kampus yang selalu damai dan tenram. Sebab, dengan nuansa tersebut maka kampus ITNY akan dapat lebih mudah berkembang dan meraih prestasi.

“Mari kita jaga kampus tercinta ini, kampus ITNY bernuansa damai dan tentram. Sebab, nuansa damai dan tentram tersebut akan menjadi penyemangat kita semua lebih nyaman ketika bekerja,” tandas Rektor ITNY terpilih, Dr Ir Setyo Pambudi MT.