Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY)  menyelenggarakan acara Halah Bihalal 1444H pada hari Rabu, 26 April 2023. Acara ini digelar tepat pada hari pertama masuk kerja di kampus setempat.

Ketua pengurus yayasan pendidikan Teknologi Nasional (YPTN), Ir H. Supatno dalam sambutannya mengingatkan tentang tata nilai masing-masing orang yang berbeda-beda. Hal ini mengingatkan kita untuk terus berbuat baik. 

“Mudah-mudahan kita semua bisa menjadi pribadi yang legowo baik di kedinasan maupun pribadi”, terang Supatno..

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa  saat ini ITNY sudah memasuki pertengahan semester kedua sehingga sudah bersiap-siap menerima peserta didik baru. Ia berharap dengan semangat baru yang saling memaafkan.  membuka hati memaafkan satu sama lain bisa menjadi senjata ampuh untuk menarik mahasiswa baru.

Sementara Rektor ITNY, Dr Setyo Pambudi MT mengatakan bahwa hari raya idul fitri 1444H kali ini istimewa karena bertepatan dengan hari Kartini dan menjelang hari Pendidikan Nasional.

“Perjuangan Emansipasi Wanita ibu Kartini tercermin pula di ITNY. Hal ini terbukti bahwa sebentar lagi akan ada 2 Guru besar oleh dosen Putri di ITNY”, jelas Setyo. 

Selanjutnya, Setyo mengkaitkan slogan Kihajar Dewantara bapak Pendidikan nasional yang akan dirayakan pada 2 Mei nanti. Ia mengajak semua dosen dan Karyawan ITNY menerapkan slogan “Ing Ngarso Sung Tulodo Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” untuk ITNY lebih maju. 

Ikrar dan hikmah syawalan diberikan oleh Ustad  Joko Prasojo (dosen Teknik Elektro). Ia berkhotbah tentang  surat As Syuro ke 42 ayat 20.  Intinya bahwa semua yang dilakukan haruslah Berkah, terlebih bakti kita kepada orangtua.

”Berbakti kepada keduaorangtua. Betapa ketika kita merupakan kumpulan orang-orang sholeh, keberkahan akan dituntun oleh Tuhan. Untuk itu, Pastikan bahwa kita bisa melanjutkan perjuangan-perjuangan tata nilai-tata nilai yang dapat dikembangkan di sebelas bulan berikutnya ”, pesannya.

Acara ditutup dengan jabat tangan dan ramah tamah. Sebelumnya ia mengucapkan permohonan maaf lahir bathin, dibersihkan hati, dan mengajak untuk bersama-sama membawa ITNY yang lebih baik.