Dalam rangka meningkatkan manfaat dari hasil kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk Upaya pengentasan kemiskinan, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyepakati kerja sama kemitraan dengan Pemerintah Kalurahan Kebonharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Penandatanganan naskah dokumen kerja sama antara ITNY dan Kalurahan Kebonharjo dilaksanakan pada hari Rabu (5/7) di Kantor Kalurahan Kebonharjo. Penandatanganan dokumen kerja sama dilakukan oleh Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi (LPPMI) ITNY, Wayan Suparta, S.Pd., M.Si., Ph.D. serta Lurah Kebonharjo, Sugimo, S.IP. Kesepakatan kerja sama antara ITNY dan Kalurahan Kebonharjo ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang telah disepakati oleh ITNY dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk program pengentasan kemiskinan pada 11 Kalurahan di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Turut hadir dalam acara penandatanganan dokumen kemitraan tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama ITNY, Dr. Winarti, S.T., M.T. dan Staf Ahli Bupati bidang kesra Bapak Bambang Sutrisno. Dalam sambutannya, Lurah Kebonharjo berharap agar kehadiran ITNY dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Kalurahan Kebonharjo, khususnya dalam hal pengembangan wilayah dan penerapan teknologi tepat guna. Kolaborasi yang dijalin antara Kalurahan Kebonharjo dengan ITNY diharapkan dapat menjadi sarana pertukaran pengetahuan yang diperlukan oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidupnya, salah satunya melalui pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

Sementara dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang III ITNY, Dr. Winarti, S.T., M.T. menyampaikan bahwa kolaborasi yang dijalin dengan Kalurahan Kebonharjo ini merupakan pengembangan dari kiprah yang diberikan oleh ITNY di wilayah Kabupaten Kulon Progo. ITNY sendiri memiliki laboratorium dan kampus lapangan di wilayah Padukuhan Degan di Kapanewon Kalibawang, yang terletak tidak jauh dari wilayah Kalurahan Kebonharjo. Wakil Rektor Bidang III ITNY juga menekankan pentingnya keberlanjutan kerja sama antara ITNY dengan Kalurahan Kebonharjo, sehingga ITNY nantinya tidak hanya akan berkontribusi melalui program KKN dan pengabdian kepada masyarakat dalam jangka pendek, melainkan juga melalui pendampingan di dalam kerangka relasi kemitraan yang berkelanjutan.

Dalam rangkaian acara penyepakatan Perjanjian Kerja Sama antara ITNY dan Kalurahan Kebonharjo tersebut, dilaksanakan pula pemaparan rencana kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan oleh sivitas akademika ITNY di Kalurahan Kebonharjo. Untuk tahap awal di paruh pertama tahun 2023, ITNY akan berkontribusi kepada masyarakat di Kalurahan Kebonharjo melalui program rancang bangun kandang ternak, pembuatan mesin pencacah rumput untuk pakan ternak, pembuatan alat cetak gula aren, sinkronisasi profil desa, serta pemetaan batas desa. Melalui program-program yang akan dilaksanakan di tahun 2023 ini, diharapkan ITNY dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas tata Kelola pemerintah kalurahan serta penguatan potensi Kalurahan Kebonharjo, khususnya di bidang peternakan dan pertanian.