YOGYAKARTA – Manajemen Kampus Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) mendukung penuh langkah alumni dan mahasiswa yang terus menerus meng-upgrade dirinya dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri. Hal itu sebagaimana dilakukan 48 alumni ITNY dari 68 peserta (Asesi) yang mengikuti Uji Sertifikasi Supervisor K3 Konstruksi Utama (Jenjang 6) dan Manager Pekerjaan Gedung (Jenjang 6) bagi lulusan/calon lulusan Perguruan Tinggi Bidang Konstruksi.

Dekan Fakultas Teknik sipil dan perencanaan (FTSP) ITNY, Dr Ani Tjitra Handayani, MT mengatakan, Kampus ITNY mendukung penuh langkah-langkah yang diambil alumni maupun mahasiswa dalam rangka meningkatkan kompetensinya.

“Kampus sangat support terhadap kegiatan-kegiatan serupa yang mendukung mahasiswa atau pun lulusan untuk meningkatkan kompetensinya,” kata Ani, Selasa (17/10/2023).

Kegiatan uji kompetensi itu telah dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2023 di Gedung D.32 dan D.33 (ITNY). Bekerjasama dengan Balai Jasa Kontruksi Wilayah IV Surabaya Kementerian PUPR, FTSP ITNY bertindak sebagai penyelenggara uji kompetensi.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka membekali lulusan atau calon lulusan untuk dapat berkompetisi di dunia industri dan dunia kerja,” tutur Ani. Selain 48 orang alumni ITNY, kegiatan uji kompetensi itu juga diikuti oleh peserta dari alumni kampus lainnya yakni 19 orang alumni Universitas Sarjana Taman Siswa Yogyakarta dan 1 orang lulusan Universitas Negeri Jember.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memenuhi alumni yang berkompeten dan memiliki daya saing di dunia kerja,” kata dia.

Ke depan, Ani berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan secara periodik tiap semester, dengan penambahan skema untuk memperpendek masa tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan.

“Kami berharap ada keberlanjutan kerja sama dengan penambahan skema yang dibutuhkan di dunia industri dan dunia kerja,” harap Ani.(*)