Prestasi kembali diraih oleh Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY). Kali ini giliran Tim Mobil Listrik ITNY yang bernama Ramirez yang berhasil menorehkan prestasi dengan meraih juara dua kategori Slalom pada ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Bandung, 6-8 November 2023.

Tim Mobil Listrik ITNY sendiri merupakan kolaborasi antara mahasiswa Teknik Mesin dengan Teknik Elektro. Manager Tim Mobil Listrik ITNY, Deof Muaziva mengatakan, Tim Mobil Listrik Ramirez akan mempertahankan prestasi yang sudah diukir oleh kakak-kakak tingkatnya di KMLI sebelum pandemi melanda.

“Kami ingin melanjutkan kembali tren positif para alumni yang terdahulu, khususnya di mobil listrik yang memiliki riwayat prestasi yang sangat bagus. Kami bertekad untuk selalu mengikuti kompetisi-kompetisi mobil listrik,” kata Deof yang juga mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2021 ini.

Ke depan, Deof melanjutkan, timnya akan melakukan riset dalam pengembangan mobil listrik ini, sehingga bisa meraih hasil yang maksimal dalam perlombaan kompetisi mobil listrik Indonesia.

“Kami juga akan mencoba melakukan studi banding ke kampus lain yang banyak pengalaman di bidang mobil listrik,” ungkapnya.

Dosen Pendamping Tim Mobil Listrik Ramirez, Dandung Rudi, MT mengaku bangga akan prestasi para mahasiswa bimbingannya. Ia mengatakan bahwa kampus sangat mendukung penuh kompetisi ini, baik dalam segi pendanaan serta pengadaan bengkel.

“Pihak kampus tentu sangat mendukung mahasiswa kami pada even ini. Dukungan itu diberikan dalam hal pendanaan maupun sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan disiplin ilmunya,” tutur Dandung.

Dandung berharap dengan prasarana dan sarana yang diberikan, dapat menopang pengembangan riset mobil listrik agar semakin berkembang ke arah yang semakin baik lagi.

“Harapannya bengkel mobil listrik ITNY bisa lebih dikembangkan lagi dan menjadi tempat riset kami nantinya. Jika memungkinkan untuk direnovasi,” pungkas Dandung.

Sebagaimana diketahui, Tim Mobil Listrik Ramirez pernah meraih beberapa prestasi pada beberapa ajang sebelum pandemi Covid-19 melanda. Pada even kali ini, mekanik Inti di-handle oleh mahasiswa Teknik Mesin, Aldi Sinar Saputro.

Sedangkan Elektrik Inti oleh Syahrul Nur Arifin yang merupakan Mahasiswa Teknik Elektro. Sementara Driver dipegang oleh Andra Jaya Asmara, mahasiswa Teknik Mesin.